OTOMATISASI
KANTOR
Dalam perkantoran, Otomatisasi
adalah suatu sistem perkantoran yang secara formal dan informal yang
berhubungan dengan media komunikasi antar individu dalam perusahaan atau luar
perusahaan . Dengan adanya otomatisasi ini sangat membantu antar individu dalam
hal berkomunikasi .
Kategori si pemakai OA:
1. Manajer: adalah orang yang berwenang dalam mengatur
segala sesuatu yang ada di dalam perusahaan ataupun
institusi. ia juga bertanggung jawab penuh dalam pekerjaannya sehingga apabila
terdapat kesalahan dialah yang akan menanggung segala resikonya
2. Sekretaris: suatu profesi seseorang yang melaksanakan tugasnya dalam
ketatausahaan dan membantu pekerjaan seorang pimpinan dalam mengatur perusahaan
3. Professional: orang yang mampu menyumbangkan keilmuannya dalam membantu
tugas yang ada di perkantoran. serta mampu memecahkan permasalahan yang terjadi
di dalam perkantoran tersebut.
4. pegawai admin: tugas dari profesi ini adalah membantu pekerjaan seorang
sekretaris seperti memfotocopi, membetulkan mesin-mesin perkantoran maupun
melayani customer
KONSEP-KONSEP (OK) Otomatisasi Kantor:
· Proses yang terjadi diperkantoran seperti halnya proses manufaktur selalu mengarah ke otomatisasi
·
OK berevolusi dari aplikasi-aplikasi yang terpisah dan tanpa
rencana menuju aplikasi yang terencana dan terpadu.
·
OK memudahkan penerimaan dan pengiriman informasi
·
OK memberikan keuntungan lebih besar melalui pengambilan keputusan
yang lebih baik
·
OK sebagai pelengkap bagi metode komunikasi tradisional bukan
sebagai pengganti
Berikut adalah gambar OA
Keterangan Gambar
1) Karena OA tidak memiliki mengelola data,
penggunaan database dibatasi pada isi informasi.
2) Informasi berfungsi sebagai input bagi
aplikasi OA berbasis komputer
3) Pemecah masalah lain berada
ditengah-tengah garis yg memisahkan perusahaan dengan lingkungan.
4) Model ini juga mencerminkan penggunaan aplikasi OA berbasis non-komputer seerti
konferensi video dan audio
v Otomatisasi perkantoran mempunyai beberapa tujuan yaitu
:Penggabungan penerapan tekonologi,Memperbaiki proses pelaksanaan pekerjaan di
kantor,meningkatkan produktifitas dan efektivitas pekerjaan,pendapatan yang
lebih tinggi dengan biaya yang lebih murah,cara otomatisasi kantor
berkontribusi pada komunikasi ke dan dari manajer membuatnya sangat cocok
diterapkan untuk memecahkan masalah.
Personal PC Personal Computer adalah seperangkat komputer yang digunakan
oleh satu orang saja / pribadi. Biasanya komputer ini adanya dilingkungan
rumah, kantor, toko, dan dimana saja karena harga PC sudah relatif terjangkau
dan banyak macamnya. Fungsi utama dari PC adalah untuk mengolah data input dan
menghasilkan output berupa data/informasi sesuai dengan keinginan user (pengguna).
. Elemen-elemen
tersebut adalah :
1. Hardware (perangkat keras)Hardware adalah sekumpulan komponen perangakat
keras komputer yang secara fisik bisa dilihat, diraba, dirasakan. Software
(Perangkat Lunak)
2. Software ( perangkat lunak ) Software adalah program yang berisi
instruksi/perintah sebagai pelantara yang menghubungkan (menjembatani) antara
hardware dan brainware (perangkat manusia) sehingga dapat menghasilkan
informasi yang diinginkan brainware.
3. Brainware (Perangkat Manusia/pengguna/user) .Brainware adalah perangkat
yang mengoperasikan dan menjalankan perangkat lunak yang ada didalam komputer.
ü Email adalah suatu media untuk berkomunikasi dengan antar invidu seperti
surat menyurat tetapi elektronik . Dengan adanya email dapat mempermudah dalam
mengiris sesuatu seperti tugs , hal hal penting lainnya dan mempercepat proses
pekerjaan dalam perkantoran .
ü Teleconference atau telekonferensi
atau teleseminar adalah komunikasi langsung di antara beberapa orang yang
biasanya dalam jarak jauh atau tidak dalam satu ruangan dan dihubungkan oleh
suatu sistem telekomunikasi.
ü Macam macam aplikasi Otomatisasi perkantoran : Word processing , electronic
mail , voice mail , electronic calendaring , audio conferencing video
conferencing, computer conferencingfacsimile transmission, video text,image
storage and retrieval , desktop publishing .
ü Manfaat dari OA sendiri yaitu : Otomatisasi perkantoran merupakan hubungan dari berbagai
komponen dalam menangani informasi; mulai dari input hingga distribusi dengan
memanfaatkan bantuan teknologi secara optimal dan campur tangan manusia secara
minimal. Manfaat yang diperoleh perusahaan dalam pemanfaatkan sistem otomatisasi
perkantoran :
1. Menyelesaikan
pekerjaan kantor dengan lebih cepat
2. Mengurangi
kebutuhan akan staf dalam jumlah besar
3. Memerlukan
sedikit tempat menyimpan data
4. Beberapa
orang dapat memperbarui data secara bersamaan dalam hal perubahan jadwal
Referensi :
Alimatussaumi, Maghfira. 2012. Perkembangan IT Terbaru. (http://meghfira-alimatus.blogspot.com/2012/05/perkembangan-it-terbaru.html,
diakses 24 Maret 2015)
Bhavati, Anugerah. 2014. Pengertian
Otomatisasi Perkantoran.
(http://anugerahdino.blogspot.com/2014/10/pengertian-otomatisasi-perkantoran.html,
diakses 22 Maret 2015)
Tasha, Diana. 2014. Otomatisasi
Perkantoran. (http://tashamanagement.blogspot.com/2014/11/otomatisasi-perkantoran.html,
diakses 22 Maret 2015)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar